Catatan Hangout #3: Kunci Mengembangkan Bisnis – Harmonisasi Marketing dan Finance

Sabtu (6/10/2018) lalu mainbrand.id dan Tekoff Coffee and Tea melangsungkan Hangout #3 yang merupakan kelanjutan dari Hangout #2. Acara ini juga merupakan forum kumpul yang terakhir dari rangkaian mainbrand serial class batch 1. Seperti biasa, di Hangout #3 ini, partisipan ditemani oleh expert dari BASIC|LUDO Tere dan manajer keuangan BASIC|LUDO Lucia. Tidak ketinggalan pula ada Bisma Hakim dari Grostery yang jadi peer facilitator. Beberapa hari sebelum acara ini berlangsung, teman-teman partisipan aktif berdiskusi di virtual class dengan topik yang relate dengan bahan diskusi Hangout #3, marketing via social media.  

“Grow Your Brand: Good Marketing and Good finance” adalah tema yang diusung Hangout #3. Keseruan diskusi dimulai dengan cerita Bisma soal Grosterynya (sebelumnya bernama Garasi Roastery) yang dulu sempat mengalami penurunan. Problemnya ada di ketidakjelasan posisi brand, marketing yang tidak rapi, dan kurangnya keterikatan emosional dengan customer. Dari pengalaman inilah Bisma mulai membangun Grostery tahap demi tahap. Friendly roastery menjadi strategi yang diandalkan. Maksud dari friendly roastery adalah menjadikan relasi antara pemilik dan pembeli setara, sehingga terbangun jembatan komunikasi yang baik. Setelah Grostery, Bisma melebarkan sayap dengan membangun sebuah coffee community,  Tetangga Dekat namanya. Ruang komunitas ini berwujud semacam coffee shop sederhana yang dibuka setiap akhir pekan. Setiap orang bisa datang, duduk ngopi, melihat-lihat coffee bean yang ditawarkan Groastery, dan saling ngorbol satu sama lain. Bagi Bisma, Tetangga Dekat adalah marketing community dari Grostery. Dari situ Bisma mengenalkan produk dan keunggulan Grostery kepada customer.

Cerita Bisma membawa kita pada satu pandangan bahwa marketing tidak hanya soal jual beli saja. Marketing adalah seni memahami dan memberi pemahaman kepada siapa kita berbicara. Salah satu keberhasilan marketing ternyata tidak lepas dari Customer Relation Management, sebuah pengelolaan relation yang mengutamakan kenikmatan dan kenyamanan pelanggan. Tidak hanya dari layanan-layanan yang diberikan, tapi juga experience yang dekat dan sesuai dengan karakteristik pelanggan, sehingga pelanggan puas dan loyal.

Aspek lain yang menentukan keberhasilan marketing adalah konten. Siapa sih hari ini yang tidak menggunakan media sosial? Semua partisipan punya media sosial yang tentunya digunakan untuk mengumumkan produk dan memperkenalkan brand mereka. Media sosial menjadi tools untuk menyampaikan konten marketing dari bisnis kita. Nyatanya, konten tidak melulu soal tulisan. Konten adalah semua hal yang mengandung pesan dari sebuah brand. Contohnya, media sosial Instagram Tekoff Coffee and Tea yang isinya bukan cuma gambar kopi dan biji kopi, tapi juga gambar dan video suasana coffee shop dan kategori postingan yang mempresentasikan brandnya.

Terlepas dari goal yang akan dicapai, sebuah bisnis pasti berujung pada mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, selain memiliki “good marketing” kita juga perlu memiliki “good finance”. Tidak bisa dipungkiri, uang itu seperti bahan bakar sebuah bisnis. Tanpa uang bisnis tidak akan berjalan. Maka perlu adanya pengelolaan finansial yang sehat agar cash flow berputar dengan stabil.

Manajemen finansial tidak hanya menjawab pertanyaan bagaimana mengatur pengeluaran dan pemasukan. Lebih dari itu, finansial yang sehat dapat memprediksi secara jitu strategi penjualan. Strategi pemasaran (marketing) dan strategi penjualan tidak sama. Strategi pemasaran lebih menyasar pengalaman customer dengan brand sedangkan strategi penjualan menentukan bagaimana kita menjual produk dan mendapat profit. Walaupun tidak sama, keduanya perlu berjalan beriringan saling mendukung dalam bisnis.
Begitu kira-kira hasil diskusi Hangout #3. Semoga semua sharing kita dari Hangout #1 sampai Hangout #3 bisa menjadi bekal untuk bisnis teman-teman partisipan, juga bekal untuk teman-teman yang baru merintis. Hangout #3 memang menjadi event yang terakhir di mainbrand serial class di batch pertama ini, tapi jangan jadi yang terakhir ya buat sharing kita bersama. Semangat dan sampai jumpa.

DSC06663


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s